Kurs Valuta Asing » Tools lainnya - Sumber: Bank Indonesia

Bangkiray Forest Touring

04 Desember 2008

Investasi VS Menabung

Investasi VS Menabung

Berinvestasi dilakukan untuk sebuah tujuan spesifik dalam jangka waktu panjang. Sementara menabung hanya sebatas kegiatan menyisihkan uang untuk jangka pendek.
Masih banyak orang mengartikan sama antara menabung dengan investasi. Memang banyak yang tidak bisa membedakan kedua hal itu. Bahkan banyak pula yang tidak mengerti tentang tujuan menabung atau investasi.
Nah, ketidakjelasan untuk membedakan antara menabung dan berinvestasi pada dasarnya terutama pada :
• Tujuannya secara spesifik, contohnya diperuntukan untuk membeli rumah, biaya pendidikan atau persiapan pensiun.
• Berapa besarnya dana yang diperlukan untuk mencapai biaya tersebut.
• Kapan dan berapa lama waktunya agar tujuan yang diinginkan terwujud.
• Pilihan investasi yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut.
Menabung adalah kegiatan menyisihkan sebagian penghasilan kita, biasanya untuk jangka waktu yang pendek, tidak terencana dengan baik dan tidak mengacu pada besarnya dana yang ingin dicapai. Sedangkan melakukan investasi memiliki proses menabung terencana untuk mencapai tujuan tertentu dan memiliki cara untuk mencapai tujuan tersebut.
Berinvestasi akan memberikan lebih banyak keuntungan daripada menabung, karena dengan berinvestasi ada unsur perencanaan akan kebutuhan masa depan. Sedangkan menabung tidak jelas. Seseorang melakukan investasi karena dipicu oleh kebutuhan akan masa depan. Namun masih banyak diantara kita yang belum memikirkan kebutuhan akan masa depan.
Kita memang harus memiliki kesadaran akan hal-hal yang perlu dipersiapkan di masa datang, dengan mempertimbangkan biaya hidup yang semakin meningkat. Seseorang yang menyadari bahwa kebutuhan masa depan akan lebih besar tentu mereka akan mengelola keuangannya. Mereka akan melakukan perencanaan investasi dan juga melakukan proteksi untuk melindunginya, terlebih jika seseorang melakukan investasi karena dipicu oleh banyaknya ketidakpastian atau hal yang tidak terduga dalam hidup ini, seperti; kondisi kesehatan, keterbatasan dana, terkena musibah dan tingkat inflasi yang tinggi.
Investasi memungkinkan seseorang dapat memenuhi kebutuhan masa deepan, dapat mengedepankan prioritas kebutuhan dan perencanaa yang baik.

Tidak ada komentar:


Balikpapan Touring